Pages

Rabu, 09 Juli 2014

Gejala Tekanan Darah Rendah Yang Mudah Dikenali

GEJALA TEKANAN DARAH RENDAH YANG MUDAH DIKENALI

Gejala tekanan darah rendah sebenarnya mudah diketahui, nah kali ini saya mau membagi informasinya dengan anda. Mulai dari apa itu penyakit tekanan darah rendah, apa penyebabnya, dan pengobatannya lengkap di blog ini. Baik kita mulai dari pengetian dari penyakit darah rendah atau hipotensi (Hypotension) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (penyakit darah tinggi) bahwa nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG.


gejala tekanan darah rendah

GEJALA TEKANAN DARAH RENDAH SECARA UMUM


  • Pusing merupakan gejala paling umum yang terjadi pada penderita hipotensi. Hal ini terjadi karena pasokan darah yang tidak maksimal ke otak.
  • Sesak nafas, ketika tekanan darah ke jantung melemah, maka akan mengakibatkan otot jantung terganggu. Hal ini dapat menyebabkan sesak napas atau nyeri dada.
  • Kulit pucat, sirkulasi darah yang rendah akan membuat kulit tampak pucat. Selain pucat, tangan dan kaki penderita hipotensi akan terasa dingin karena rendahnya tekanan aliran darah.
  • Denyut jantung tidak teratur, ketika jantung tidak memompa darah dengan baik akibat rendahnya tekanan darah, maka kondisi ini dapat mengakibatkan denyut jantung menjadi tidak teratur. Kondisi ini kadang disebut dengan nama aritmia.
  • Sakit kepala, tekanan darah yang setiap hari turun dapat menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan karena tekanan darah yang tidak stabil disebut dengan ortostatik. Perubahan yang secara mendadak ini bahkan menyebabkan mual hingga pingsan.

Hipotensi memang tidak terlalu berbahaya seperti tekanan darah tinggi atau hipotensi. Namun apabila anda mengalami gejala ini atau mungkin menemukan orang yang pingsan karena terkena hipotensi maka segera baringkan ia di tempat yang datar dengan menempatankan kaki lebih tinggi dar kepada agar aliran darah menjadi lancer kembali.

PENYEBAB UTAMA TERJADINYA TEKANAN DARAH RENDAH

Factor utama penyebab hipotensi atau tekanan darah rendah sebenarnya sangat erat hubungan dengan volume darah, keadaan pembuluh darah dan gangguan kerja jantung dalam memompa darah, berikut beberapa penyebab hipotensi (tekanan darah rendah) antara lain :

Pemompaan jantung melemah

Karena kurangnya pemompaan jantung maka hal ini bisa menyebabkan aliran darah keseluruh tubuh melemahkan pula, secara otomatis tekanan darah juga melemah yang akhirnya menyebabkan hipotensi.

Kekurangan cairan 

Jangan anggap sepelekan masalah kekurangan cairan, baik itu karena seseorang memang jarang minum ataupun karena seseorang sedang terkena diare dan deman. Karena yang sering terjadi jika seseorang sedang demam biasanya memang disertai dengan rasa pusing. Dan hal itu bisa menjadi salah satu penyebab hipotensi. 

Otot jantung melemah 

Hal ini bisa berakibat pada volume darah yang dipompa oleh jantung sedikit dan akibatnya tekanan darah menurun dan hal ini memicu terjadinya hipotensi.

Adanya pembekuan darah dalam pembuluh vena 

Apabila hal itu terjadi maka akan menghalangi kembalinya darah kedalam bilik kiri dari paru-paru, akibatnya darah yang kembali ke jantung akan berkurang. Dan hal itu bisa menjadi pemicu hipotensi.

Efek samping obat-obatan

Efek samping dari obat-obatan ini sebenarnya tidak langsung menjadi penyebab hipotensi karena kondisi seseorang berbeda-beda, kadang ada yang kuat asaat minum obat tertentu tatapi ada juga yang tidak. Misalkan ketika seseorang minum obat hipertensi, antidepresan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu jika anda merasakan gejala hipotensi atau tekanan darah renda seperti yang disebutkan diatas sebaiknya segera periksakan tekanan darah dan cari tahu penyebabnya. Karena seseorang bisa diketahui mempunyai hipertensi (tekanan darah tinggi) atau hipotensi (tekanan darah rendah) hanya bisa dilakukan dengan cara pemeriksaan tensi darah, dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah yaitu dengan memperhatikan angka systolic (angka bagian atas) dan angka diastolic (angka bagian bawah). Setelah hal itu dilakukan barulah diketahui apakah seseorang mempunyai tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi. Untuk mencegahnya tetaplah lakukan pola hidup sehat dan olah raga teratur agar terhindar dari penyakit, salah satunya adalah hipotensi atau tekanan darah rendah.

Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga artikel saya yang berjudul GEJALA TEKANAN DARAH RENDAH YANG MUDAH DIKENALI bisa bermanfaat untuk anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About